Donat Kentang Ekonomis 1 x Proofing

( 4.8 out of 5 )
Loading...
  • 30Yield
  • 30 mPrep Time
  • 2:0 hCook Time
  • 2:30 hReady In
Print Recipe

Camilan kesukaan semua orang yaitu donat dan macam-macam donat banyak sekali, salah satunya donat kentang. Resep Donat Kentang dari thehasanvideo.com sangat ekonomis karena penggunaan kentang dan telurnya sangat hemat. Teksturnya lembut, empuk dan gurih. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan:

Cara Membuat:

  • Langkah 1:

    Campur semua bahan dalam wadah (kecuali margarin dan garam), tuang air bertahap sedikit demi sedikit ke dalam adonan secukupnya. Kandungan air dalam kentang berbeda-beda sehinga air 230 ml ini tidak harus menuang semuanya dan pastikan adonan tidak terlalu lembek. Berikutnya uleni sampai kalis, sampai adonan rata dan menyatu, kemudian masukkan margarin dan garam. Uleni kembali sampai adonan menjadi kalis elastis dan dapat membentuk selaput tipis saat dilebarkan. Mikser adonan selama 10 menit, apabila menggunakan mikser spiral. Adonan bisa kalis tanpa mengulen dengan cara menyimpan adonan di dalam kulkas minimal 5 jam.

  • Langkah 2:

    Bagi adonan dengan berat 35 gram, 40 gram, 50 gram atau sesuai selera. Potong adonan donat dengan menggunakan spatula dan jangan menarik adonan, karena dapat meresap minyak ketika digoreng. Bentuk adonan bulat-bulat dan rapikan dengan tangan atau cetakan. Diamkan adonan sekitar kurang lebih 45 menit sampai mengembang 2x lipat, setelah Kalian bentuk atau cetak. Kemudian lubangi adonan donat tengahnya dengan jari atau alat sesuai selera yang sebelumnya dilumuri terigu supaya tidak lengket dan putar-putar adonan donatnya supaya lubang donat tidak menutup lagi.

  • Langkah 3 : Menggoreng Donat :

    Panaskan wajan atau teflon terlebih dahulu dengan api kecil dan isi dengan minyak yang cukup banyak. Goreng pada suhu 170 sampai 180 derajat celsius. Tunggu matang disatu sisi lalu balik sampai matang sisi yang lain.

  • Langkah 4:

    Angkat, setelah donat kecokelatan dan tiriskan di atas tisu supaya minyak terserap.Hias Donat Kentang sesuai selera, hiasannya menggunakan DCC bukan donat Glaze. Campur DCC dengan mentega, thehasanvideo.com menggunakan 250 gram DCC dan campur dengan 1 sdm munjung mentega asin. Tempatkan DCC dan mentega di wadah tertutup lalu hangatkan di magic com sampai leleh. Celup-celup Donat Kentang ke dalam lelehan DCC dan mentega lalu hias sesuai selera.

Tips dan Trik

  • Campuran tepung terigu Cakra Kembar dan Segitiga Biru dapat Kalian ganti menggunakan tepung terigu protein tinggi semua atau tepung terigu protein rendah. Namun tepung terigu yang sesuai untuk donat adalah tepung terigu protein sedang, misalnya: Segitiga Biru, Beruang Biru dan lain-lain. Gunakan tepung terigu protein tinggi, apabila Kalian lebih suka tekstur donat yang sedikit berat dan seratnya padat.

  • Gunakan alas baking paper, supaya donat tidak penyok saat digoreng. Tinju adonan terlebih dahulu supaya keluar anginnya dan donat tidak keriput setelah digoreng, apabila menggunakan teknik proofing 2x. Ulen adonan sampai kalis elastis, supaya hasil tekstur donat bisa lembut, mulus dan empuk. Simpan dalam wadah tertutup, supaya donat tetap lembut tahan lama. Goreng donat menggunakan api kecil dengan minyak panas.

  • Balik donat sekali saja ketika digoreng, supaya tidak terlalu menyerap banyak minyak. Ketika mendiamkan adonan harus sudah mengembang dengan sempurna dan adonan ringan ketika Kalian goreng, supaya keluar white ring.

  • Cetak donat secara manual dengan menimbang adonan lalu bulat-bulatkan dan langsung cetak dan lubangi donat yang tidak terlalu besar, supaya donat terlihat berisi. Kemudian diamkan adonan sampai mengembang dan goreng. Gunakan scrapper atau spatula saat memotong adonan, karena jika Kalian memotong adonan dengan cara menarik saat membagi adonan, akan membuat donat lebih mudah meresap minyak saat digoreng.

  • Tekstur Kisut pada donat, karena underproof atau donat belum matang ketika Kalian goreng. Begitu juga sebaliknya, apabila donat overproof akan membuat donat rawan kempes.

Didowardah

Content Creator

Konten kreator di channel Youtube TheHasanVideo

Read More

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.