Dadar Gulung Leopard Isi Vla Cokelat Pisang Lumer

  • Yield: 23 sampai dengan 25 buah
Watch Video
Loading...
(4.7 / 5)

Camilan dengan bahan-bahan yang murah namun hasilnya waaw, cantik dan layak jual. Dadar Gulung Leopard dari thehasanvideo.com wajib Kalian coba karena resepnya sudah pasti anti gagal dan bisa juga untuk ide usaha. Rasanya enak sekali dan isiannya lumer. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan :

  • Bahan :
  • Bahan Isian :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Aduk rata tepung curah, tepung tapioka, garam. Kemudian tuangkan air, minyak goreng, essense vanili, aduk sampai tercampur rata. Pastikan adonan halus dan jika perlu saring adonan.

  • Langkah 2 :

    Diamkan adonan sekitar 2 jam supaya gluten terbentuk sehingga adonan bisa menjadi lebih lentur dan tidak mudah sobek Ketika mencetak.

  • Langkah 3 :

    Adonan sudah terasa lebih lembut dan lentur setelah mendiamkan selama 2 jam. Kalian bisa menambahkan telur supaya tekstur lebih halus dan bervolume, namun thehasanvideo.com tidak menambahkan telur dan hasilnya Dadar Gulung tetap bisa cantik dan enak.

  • Langkah 4 : Isian :

    Aduk rata chocolatos drink, tepung maizena, gula pasir, vanili bubuk, garam, creamer bubuk dan air. Aduk rata sampai adonan halus dan tidak bergerindil. Kemudian masukkan susu kental manis, sisiran DCC. Nyalakan api kompor, angkat dan tuangkan vla ke dalam wadah. Biarkan sampai dingin dan tutup permukaan vla dengan menggunakan selembar plastik supaya tidak mudah berkulit. Sisihkan.

  • Langkah 5 :

    Angkat lembaran plastik apabila vla cokelat sudah dingin, tekstur vla cokelat masih tetap bisa lembut dan tidak berkulit.

  • Langkah 6 :

    thehasanvideo.com juga menggunakan isian pisang raja. Kukus pisang Raja dan dinginkan, lalu goreng asal sampai berwarna cokelat di kedua sisi dengan menggunakan mentega atau margarin. Goreng sambil tekan-tekan supaya sedikit lebih gepeng, lalu angkat Pisang Raja apabila sudah layu di kedua sisi. Potong-potong menjadi 4 bagian, sisihkan.

  • Langkah 7 : Adonan Motif :

    Ambil 90 ml atau sekitar ¾ sendok sayur adonan dan tempatkan di dalam mangkok, ambil satu kali lagi dengan takaran yang sama. Bagi adonan menjadi 3 bagian dengan rincian 2 mangkok kecil untuk adonan motif dan 1 mangkok besar untuk adonan dasar.

  • Langkah 8 :

    Tambahkan pewarna atau pasta blackforest untuk 1 bagian adonan motif, tambahkan juga pewarna gelap supaya semakin gelap. Tambahkan secukupnya pewarna cokelat, aduk sampai tercampur rata dan biarkan sisa adonan berwarna putih.

  • Langkah 9 : Cetak Dadar Gulung Lepoard :

    Panaskan teflon ukuran 18 sampai dengan 20 cm, lalu naikkan Teflon ke mulut kompor setelah teflon panas supaya adonan motif yang Kalian buat tidak cepat kering. Ambil ½ sdm adonan motif cokelat muda, tuangkan ke atas teflon dengan membentuk motif tidak beraturan. Buat garis lengkung atau melingkar di pinggiran motif sebelumnya dengan cara semprotkan menggunakan adonan cokelat tua yang sudah ditempatkan di plastik segitiga. Hasilnya mrirp dengan motif macan tutul.

  • Langkah 10 :

    Turunkan kembali teflon ke atas mulut kompor dan segera tuang adonan dasar kira-kira ¾ sendok sayur atau sekitar 40 sampai dengan 45 ml. Putar sampai rata, lalu masak dengan api sedang sedikit kecil sampai adonan matang dan tidak lengket. Waktunya sekitar 2 sampai dengan 3 menit sesuai dengan panas kompor masing-masing. Segera angkat, setelah adonan matang. Biarkan sampai sedikit hangat, lalu cetak adonan berikutnya dengan cara yang sama.

  • Langkah 11 :

    Sambil menunggu matang, lalu tambahkan isian dadar gulung. Tambahkan secukupnya vla cokelat, lalu potongan pisang. Lipat membentuk segitiga dan hasilnya dadar gulung motif macan tutul cantik sekali.

Tips dan Trik :

  • Penggunaan tepung tapioka jangan Kalian ganti dengan tepung sagu, karena penggunaan tepung sagu akan membuat adonan menjadi lengket dan kurang bagus.

  • Lakukan proses pengisian dadar gulung Ketika kulit masih hangat karena selain cepat dan praktis. Kulit dadar gulung menjadi lebih mudah menempel saat melipat.

  • Bahan-bahan membuat Dadar Gulung Leopard murah sehingga setiap 1 buah Dadar Gulung Leopard 1500 sudah dapat untung, apalagi jual 3000 setiap satu buah dan sangat untung.

  • Cetak adonan teflon dengan diameter 18 cm dengan takaran adonan sekitar 45 sampai dengan 50 ml setiap lembar. 1 resep dapat menghasilkan 23 sampai dengan 25 buah Dadar Gulung cantik yang lembut, lumer dan anti gagal.

  • Bungkus Dadar Gulung Leopard setelah dingin dengan menggunakan plastik. thehasanvideo.com membungkus dengan menggunakan plastic OPP one sheet dengan ukuran 8.5 x 20 cm. Rapikan dengan menggunakan gunting, tambahkan sticker dengan cara menempelkan di plastik pembungkusnya. Tampilan Dadar Gulung Leopard terlihat tidak murahan meskipun bahan-bahannya murah. Sangat cocok untuk ide jualan.

  • Dadar Gulung Leopard hanya bisa awet sekitar 12 jam di suhu ruang, karena menggunakan isian vla cokelat. Simpan Dadar Gulung Leoprad di dalam kulkas supaya awet lebih lama sekitar 3 sampai 4 hari. Kalian juga bisa mengganti isian vla dengan menggunakan meises cokelat supaya lebih awet lama sekitar 2 sampai dengan 3 hari di suhu ruang.

  • Gunakan 1 sdm bubuk Chocolatos untuk pewarnaan adonan motif cokelat tua dan 1 sdm Milo bubuk untuk motif cokelat muda, aduk rata. Tambahkan sedikit pewarna hitam apabila ingin lebih gelap.

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.