Bumbu Nasi Goreng Hijau Awet 3 Minggu

( 0 out of 5 )
Loading...
  • 750 gr Bumbu Nasi GorengYield
  • 20 mPrep Time
  • 50 mCook Time
  • 1:10 hReady In
Print Recipe

Makanan nasi goreng kesukaan semua kalangan dari anak-anak sampai orang tua, rasa nasi goreng menjadi enak sesuai dengan bumbu yang Kalian gunakan. the hasan video mempunyai resep Bumbu Nasi Goreng Hijau Awet 3 Minggu. Kelebihan bumbu nasi goreng dari thehasanvideo.com bisa juga untuk bumbu mie goreng, pasta goreng dan aneka tumis. Kalian juga bisa gunakan bumbu nasi gorengnya sebagai persediaan maupun ide usaha. Sumber resepnya dari Bunda Amy di Cookpad dan thehasanvideo.com sudah mengubah beberapa bumbu dan takarannya. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Kalian bisa mengganti daun bawang dengan bunga bawang atau mencampurkan keduanya. Potong kasar daun bawang dengan pisau tajam. Sangrai ebi kering sampai kesat dan bebas air dengan menggunakan api sedang sedikit kecil selama 5 menit.

  • Langkah 2 :

    Tumbuk atau blender ebi sampai halus dan sisihkan. Kupas dan cuci bersih bawang putih, lalu sisihkan. Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, minyak goreng dengan menggunakan blender atau chopper. Takaran minyaknya harus sama dengan daun bawang, supaya hasil bumbunya bisa tahan lama.

  • Langkah 3 :

    Blender bumbu sampai halus, lalu tambahkan potongan daun bawang. Blender kembali sampai halus dan tercampur rata, sisihkan.

  • Langkah 4 :

    Panaskan wajan atau teflon, tuangkan bumbu dan daun bawang yang sudah Kalian blender. Masak sampai tampilannya lebih berminyak dengan menggunakan api sedang sedikit besar sekitar 10 menit. Aduk bumbunya supaya matang merata dan tidak mudah gosong.

  • Langkah 5 :

    Kecilkan api kompor setelah bumbunya berminyak. Tambahkan bubuk kaldu, garam halus, lada bubuk, aduk rata dan masak selama 10 menit dengan menggunakan api kecil sampai bumbu matang.

  • Langkah 6 :

    Tanda bumbu yang sudah matang, apabila minyak sudah naik kepermukaan dan berubah warna menjadi hijau pekat. Namun thehasanvideo.com memasak lagi sekitar 5 menit, supaya bumbu matang sempurna.

  • Langkah 7 :

    Masukkan ebi sangrai yang sudah halus, tambahkan minyak wijen dan masak sekitar 3 sampai dengan 5 menit. Matikan api dan angkat bumbu yang sudah matang, lalu biarkan sampai dingin.

  • Langkah 8 :

    Warna bumbu menjadi lebih gelap, setelah bumbu dingin dan minyaknya juga menjadi terlihat banyak. Fungsi minyak pada bumbu sebagai pengawet alami, supaya masa simpan bumbu nasi goreng bisa tahan lama.

  • Langkah 9 :

    Kemas bumbu yang sudah dingin dalam wadah tertutup, supaya bisa tahan 3 sampai dengan 4 minggu. Gunakan botol atau wadah tertutup yang steril dengan ukuran sesuai selera. Simpan di dalam kulkas akan tahan sekitar 2 sampai 3 bulan.

  • Langkah 10 :

    Penggunaan bumbu nasi goreng sebesar 6 sampai dengan 12 gram atau sekitar 1 sampai dengan 2 sdt untuk 200 sampai dengan 250 gr nasi putih. Gunakan 2 sampai dengan 3 sdt bumbu nasi goreng, supaya rasanya lebih enak. 1 resep bumbu nasi goreng bisa Kalian gunakan untuk 62 sampai 125 porsi nasi goreng.

  • Langkah 11 :

    Campurkan bumbu dengan nasi, lalu tambahkan bumbu pelengkap lain tanpa menggunakan bawang merah ataupun bawang putih. Tambahkan juga ½ sdt kaldu bubuk, 1 sdt saos raja rasa, ¼ sdt kecap ikan atau bisa Kalian ganti dengan ½ sdt saus tiram sesuai selera dan sejumput garam.

  • Langkah 12 :

    Kalian juga bisa menambahkan irisan cabe atau cabe hijau, apabila suka pedas dengan takaran 200 sampai dengan 400 gr atau sesuai selera. Campurkan cabe bersamaan dengan bumbu yang di blender, takaran minyak gorengnya sesuaikan dengan jumlah takaran cabe. Gunakan 300 ml minyak goreng apabila takaran cabenya 300 gr, supaya bumbunya bisa lebih tahan lama. Tambahkan juga isian baby cumi, teri Medan, sosis dan lain-lain.

Tips dan Trik :

  • Masak bumbu sampai tanak dan bebas air paling sedikit memasak sekitar 20 sampai dengan 25 menit, supaya bumbu tahan lama. Masak dengan menggunakan api kecil dan aduk supaya matang merata. Semakin lama dimasak, warna bumbunya semakin gelap.

  • Waktu memasak bumbu yang sesuai sekitar 25 sampai 30 menit dan jangan memasak bumbu melebihi 40 menit, karena bumbu menjadi kematangan dan rasanya pahit.

Didowardah

Content Creator

Konten kreator di channel Youtube TheHasanVideo

Read More

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.