Bongkar Resep Jualan Bolu Ketan Hitam Super Lembut

  • Yield: 32 Potong
Watch Video
Loading...
(5 / 5)

Resep Bolu Ketan Hitam dari thehasanvideo.com bisa Kalian jadikan untuk ide jualan karena tampilannya yang cantik dan rasanya enak, manisnya sesuai. tidak seret serta lembut sekali. Resepnya dari Bunda Lala dan wajib Kalian coba karena sudah pasti anti gagal. Olesan Carlo untuk loyang resepnya klik di sini. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Oles loyang tulban diameter 22 cm dengan olesan carlo tipis-tipis secara merata. Sisihkan. Panaskan klakat atau kukusan.

  • Langkah 2 :

    Aduk rata tepung ketan hitam, tepung terigu, susu bubuk full cream. Sisihkan.

  • Langkah 3 :

    Mikser telur, gula pasir, SP dengan kecepatan tinggi sampai adonan telur mengembang dan berjejak. Waktunya sekitar 8 sampai dengan 10 menit sesuai dengan kekuatan mikser masing-masing.

  • Langkah 4 :

    Matikan mikser setelah adonan sudah terlihat mengkilat dan berjejak, waktunya setelah 8 menit memikser. Kemudian masukkan campuran tepung ketan sambil ayak secara bertahap. Mikser dengan kecepatan rendah sampai adonan menyatu atau Kalian bisa mengaduk dengan menggunakan spatula.

  • Langkah 5 :

    Tambahkan baking soda, aduk balik sampai adonan halus dan tidak bergerindil. Kemudian masukkan santan instan kental, essense vanili atau bubuk vanili. Aduk balik. Terakhir tambahkan minyak goreng, namun ganti dengan margarin leleh apabila bolunya ingin Kalian panggang. Aduk rata sampai tidak ada minyak yang mengendap di dasar adonan supaya bolu tidak mudah bantat.

  • Langkah 6 :

    Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah terolesi adonan carlo. Tekstur adonan sedikit encer sehingga membuat tekstur Bolu Ketan menjadi lembut. Hentakkan loyang supaya tidak ada udara yang terjebak.

  • Langkah 7 :

    Masukkan adonan ke dalam kukusan Ketika sudah panas dan mendidih. Kukus dengan menggunakan api sedang selama 40 menit atau sampai bolu matang. Kemudian tes tusuh setelah 40 menit mengukus, apabila tidak lengket di tusukan tandanya Bolu sudah matang.

  • Langkah 8 :

    Angkat Bolu Ketan Hitam dan hasilnya montok serta cantik sekali. Balik setelah Bolu sedikit dingin dan tempatkan di dalam mika bulat ukuran 22 cm. tampilan bagian bawahnya juga mulus dan mengkilat.

Tips dan Trik :

  • Penggunaan tepung terigu supaya bolu tidak mudah kempes.

  • Kalian juga bisa menggunakan Loyang pudding plastik dengan diameter 22 cm apabila tidak ada loyang tulban 22 cm. Oles loyang dengan mentega atau margarin tipis-tipis, lalu segera tuangkan adonan dan panggang dengan cara yang sama. Hasilnya tetap montok dan cantik, balik Bolu Ketan Hitam setelah dingin supaya hasilnya tidak mudah lengket dan pecah.

  • Oles minyak goreng pada loyang sampai rata, apabila menggunakan loyang plastik maka poles loyang dengan margarin atau mentega sampai rata supaya hasilnya mulus dan cantik.

  • Hias cantik apabila ada yang tidak mulus di permukaan Bolu Ketan Hitam. Tutup bagian yang tidak mulus dengan butter cream dan keju parut. Tambahkan gumpaste flower dan manik-manik supaya cantik.

  • Penggunaan susu bubuk bisa Kalian ganti dengan 1 sachet susu kental manis cokelat. Bolu Ketan Hitam terlihat lebih lebar dan pendek apabila menggunakan loyang diameter 24 cm, sedangkan tekstur bolunya tidak kalah lembut dengan yang menggunakan susu bubuk.

  • Kukus dengan menggunakan api sedang dan pastikan kukusan sudah benar-benar panas. Hasil Bolu Ketan menjadi kurang montok dan menjadi mudah kempes apabila menggunakan api kecil.

  • Kocok adonan sampai mengembang namun jangan sampai kelamaan mengocok, cukup asal sampai berjejak dengan durasi ideal sekitar 8 sampai dengan 10 menit supaya hasil Bolu Ketan Hitam stabil atau tidak mudah turun dan tidak mudah kempes ketika memanggang.

  • 1 Resep bisa menghasilkan sekitar 32 potong Bolu Ketan Hitam. Bungkus dengan menggunakan plastik cake supaya Bolu Ketan Hitam tetap lembut. Harga jualnya apabila sudah Kalian kemas sekitar 2000an setiap 1 potong dan sudah lumayan untung.

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.