Bolu Pisang Kukus Tanpa Mikser

  • Yield: 1 Loyang 20x10 cm
Watch Video
Loading...
(5 / 5)

Satu lagi untuk ide usaha maupun camilan di rumah dari thehasanvideo.com yaitu Bolu Pisang Tanpa Mikser. Hasilnya mengembang cantik, teksturnya sangat lembut dan Kalian pasti akan ketagihan. Oles cetakan dengan menggunakan minyak sayur atau olesan carlo, resepnya klik di sini. Sangat tepat untuk Kalian coba yang sudah terbukti anti gagal.

Share it!

Bahan-bahan :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Kupas pisang, lalu lumatkan pisang sampai halus dengan menggunakan garpu. Sisihkan.

  • Langkah 2 :

    Siapkan wadah, masukkan gula pasir. Tambahkan telur, essence vanilla. Kocok sampai berbuih dan gula larut, durasinya sekitar 3 sampai dengan 4 menit. Tambahkan pisang yang sudah halus ke dalam kocokan telur, lalu aduk rata.

  • Langkah 3 :

    Masukkan tepung terigu protein sedang, soda kue, garam. Masukkan secara bertahap dan sambil ayak, aduk sampai tercampur rata. Terakhir tambahkan minyak goreng, lalu aduk kembali sampai tercampur rata. Sisihkan.

  • Langkah 4 :

    Oles bagian dalam loyang ukuran 20 x 10 cm dengan menggunakan secukupnya minyak sayur atau olesan Carlo KW. Oles sampai menyeluruh di bagian dalam loyang. Masukkan adonan ke dalam cetakan, lalu hentakkan supaya tidak ada udara yang terjebak.

  • Langkah 5 :

    Kukus Bolu Pisang setelah air kukusan mendidih, kukus Bolu Pisang selama 35 sampai dengan 45 menit dengan menggunakan api sedang cenderung kecil. Tes tusuk Bolu Pisang setelah 40 menit mengukus, apabila sudah tidak ada yang lengket di tusukan tandanya bolu pisang sudah matang.

Tips dan Trik :

  • thehasanvideo.com membuat Bolu Pisang lagi dengan tambahan hiasan pisang di atas bolu. Iris tipis pisang supaya tidak mudah tenggelam, cara membuat dan mengukusnya sama dengan Bolu Pisang tanpa tambahan hiasan irisan pisang sebelumnya. Kukus Bolu Pisang dengan hiasan irisan pisang sampai matang sempurna.

  • Tambahkan kertas Doilies sebagai hiasan supaya tampilannya tambah cantik sehingga sangat layak jual untuk ide bisnis rumahan. Ikat dengan pita sesuai selera.

  • Sesuaikan takaran resep Bolu Pisang apabila menggunakan cetakan yang lebih besar. thehasanvideo.com menggunakan 2 resep untuk loyang bulat diameter 18 cm, waktu mengukusnya tambah menjadi 1 jam penuh supaya hasil Bolu Pisang matang sempurna.

  • Pahami panas kompor masing-masing ketika mengukus, idealnya sekitar 30 sampai dengan 40 menit. Waktu mengukus di kompor yang thehasanvideo.com gunakan sekitar 35 sampai dengan 45 menit dan Bolu Pisang masih mentah ketika mengukus sekitar 30 menit.

  • Sumber resep Bolu Pisang hasil reecok dari Bunda Watty di Cookpad. Terima kasih banyak resepnya dan sudah banyak yang recook resepnya sekitar 400 orang lebih, berhasil semuanya. Resep Bunda Watty memang anti gagal. Kata Bunda Watty untuk tidak mengganti baking soda dengan baking powder supaya hasil Bolu Pisang tidak mudah pucat dan kurang berserat.

  • Tingkat kejelasan serat di Bolu Pisang dipengaruhi oleh jenis pisang yang Kalian gunakan, asalkan pisang dalam kondisi matang sempurna supaya hasilnya bisa cantik dan berserat. thehasanvideo.com menggunakan jenis pisang Ambon dan pisang Kepok hasil seratnya terlihat samar, sementara menggunakan pisang Raja hasil seratnya terlihat jelas dan cantik. Perpaduan warna sangat sesuai apabila menggunakan Pisang Raja Temen, rasanya enak sekali, tidak sepet dan tidak seret sama sekali.

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.