Beras Kencur Tanpa Pemanis, Pewarna dan Pengawet Buatan

  • Yield: 6 Botol Kemasan 250 ml
Watch Video
Loading...
(5 / 5)

Salah satu minuman tradisional Beras Kencur rasanya sangat segar dan pastinya juga menyehatkan. Cara membuatnya sangat mudah dengan menggunakan resep dari thehasanvideo.com. Bahan-bahannya juga mudah untuk Kalian dapatkan, tunggu apa lagi nih, cobain resepnya. Selamat mencoba. 😀

Share it!

Bahan-bahan :

  • Bahan Utama :
  • Larutan Gula :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Cuci bersih beras putih, lalu rendam dengan air bersih selama 4 sampai dengan 5 jam. Tiriskan beras setelah Kalian rendam selama 4 jam, sangrai beras dengan menggunakan api sedang sampai kering dan sedikit kuning. Matikan api kompor setelah beras sedikit menguning, sisihkan.

  • Langkah 2 :

    Semakin banyak takaran kecur akan semakin berasa khasiat jamunya. Kupas kencur dan cuci bersih. Iris kasar kencur, jahe dan kunyit. Sisihkan.

  • Langkah 3 : Larutan Gula :

    Siapkan panci, masukkan air bersih, gula jawa, gula pasir, air asam jawa, garam potongan jahe, kunyit. Aduk rata dan masak sampai mendidih sambil sesekali Kalian aduk. Lanjut rebus setelah mendidih selama 2 sampai dengan 3 menit supaya rempahnya lebih meresap.

  • Langkah 4 :

    Koreksi rasa dan tambahkan gula pasir dan asam jawa sesuai dengan lidah masing-masing. Matikan api kompor apabila rasanya sudah enak, diamkan sampai dingin supaya rempah dan gula menyatu. Saring air rebusan gula setelah mendidih, sisihkan.

  • Langkah 5 :

    Tuang beras ke dalam blender, tambahkan irisan kencur. Tuangkan air rebusan gula secukupnya, asal kencur dan beras tenggelam. Blender beras dan kencur sampai halus.

  • Langkah 6 :

    Campurkan kembali beras dan kencur yang sudah halus ke dalam air rebusan gula, aduk rata. Saring dengan menggunakan kain bersih, peras kuat-kuat dengan menggunakan tangan bersih sampai sarinya habis. Buang ampasnya.

  • Langkah 7 :

    Minuman jamu beras kencur rumahan yang sehat, tanpa pengawet, tanpa pemanis buatan sudah siap untuk Kalian nikmati. Sajikan jamu beras kencur dalam keadaan hangat atau dingin.

Tips dan Trik :

  • Simpan jamu beras kencur di dalam botol yang bersegel alumunium foil supaya lebih bersih, meningkatkan mutu produk dan tidak mudah tumpah. Pemasangannya cukup setrika segel alumunium foil di atas mulut botol. Segel alumunium foil bisa Kalian dapatkan di toko bahan baking dan alat masak atau online shop. Harganya sangat terrjangkau, hanya Rp 40.000,- dengan isi 200 buah. Setiap segel alumunium foil harganya Rp. 200,-

  • 1 resep modalnya sekitar Rp 18.000,- sudah termasuk listrik, gas, kemasan botol, segel dan lain-lain. Harga jualnya sesuai dengan pangsa pasar di setiap daerah masing-masing. Kisaran harganya setiap botol sekitar Rp. 8.000,- sampai dengan Rp 15.000,-. Omzet setiap 1 resep sekitar Rp 48.000 sampai dengan Rp 90.000,-.

  • Masa kadaluarsa jamu Beras Kencur tidak terlalu lama karena menggunakan bahan baku alami dan 100 persen tanpa bahan pengawet. Umur simpan jamu Beras Kencur hanya 1 hari di suhu ruang dan 3 hari di dalam kulkas.

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.