Bakso Daging Homemade Enak Dan Kenyal

( 5 out of 5 )
Loading...
  • 1 Kg Pentol Daging SapiYield
  • 20 mPrep Time
  • 1:15 hCook Time
  • 1:35 hReady In
Print Recipe

Setiap daerah banyak ditemukan penjual Bakso dan menjadi menu kesukaan setiap orang. Buat Bakso sendiri tidak sulit, ketika Hari Raya Idul Adha persedian daging melimpah dan Kita bisa membuat Bakso sendiri supaya lebih sehat. Resep Bakso dari thehasanvideo.com rasanya lezat dan teksturnya kenyal. Sumber resep Bakso yang digunakan thehasanvideo.com milik mamah mertua yang bisa disimpan dalam freezer selama 2 sampai 3 bulan. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan :

  • Bahan :
  • Bahan Kuah Bakso :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Potong kecil-kecil daging lalu masukkan dalam food professor atau giling dengan mesin penggiling daging sampai halus. Pindahkan daging yang sudah halus ke dalam wadah, lalu tambahkan bawang putih goreng, bawang merah goreng, merica bubuk, kaldu bubuk, garam, baking powder, lalu aduk sampai tercampur rata. Tambahkan agar-agar juga kalau menggunakannya dan aduk adonan kembali sampai rata.

  • Langkah 2 :

    Tambahkan tepung tapioka dan tepung sagu, kemudian aduk rata dan tambahkan juga putih telur, Tuang air es sedikit demi sedikit sambil aduk adonan sampai seperti pasta yang bisa dibentuk pentol.

  • Langkah 3 :

    Kecilkan api, apabila air dalam panci sudah mendidih dan jaga air rebusan supaya tetap panas tetapi tidak sampai mendidih, supaya ketika direbus permukaan bakso bisa mulus. Ambil segenggam adonan lalu bentuk adonan bakso dengan mengepalkan tangan, nantinya adonan bakso akan keluar di ujung genggaman dan jangan diambil dahulu. kempiskan lagi adonan bulatan bakso di tangan lalu genggam lagi. Sehingga akan keluar bulatan bakso lagi dan kempiskan lagi, Ulang adonan dengan cara yang sama sampai 3 kali, supaya permukaan bakso lebih mulus.

  • Langkah 4 :

    Ambil adonan bulatan bakso di genggaman ujung tangan dengan bantuan sendok setelah diulang sebanyak 3 kali, kemudian langsung masukkan dalam panci berisi air panas tadi. Lakukan dengan cara yang sama sampai adonan bakso habis. Angkat dan tiriskan Bakso yang sudah matang yaitu Bakso yang mengapung ketika direbus dalam air panas.

  • Langkah 5 : Membuat Pentol Beranak :

    Buat pentol beranak dengan cara yang hampir sama dengan membuat pentol seperti sebelumnya, namun ada hal yang berbeda. Pertama membuat pentol yang ukurannya lebih kecil dahulu, setelah pentol kecil matang lalu angkat dan sisihkan. Ambil adonan bakso untuk membuat bakso yang besar dan pipihkan, lalu isi dengan pentol yang kecil tadi atau anakan pentol.

  • Langkah 6 :

    Bulatkan adonan pentol sampai anakan pentol tertutup sempurna, supaya mudah membentuknya lebih baik sarung plastik tangan yang digunakan sudah diolesi minyak. Rebus pentol beranak sudah selesai dibentuk, lalu angkat dan tiriskan pentol yang sudah mengapung.

  • Langkah 7 : Tahu Pentol :

    Siapkan secukupnya tahu kopong dan adonan pentol. Belah tahu dan isi dengan adonan pentol, lakukan dengan cara yang sama sampai tahu sudah terisi adonan pentol semua. Kukus tahu bakso selama 30 menit, setelah semua tahu terisi adonan pentol dan sajikan sebagai pelengkap makan bakso.

  • Langkah 8 : Kuah Bakso :

    Tempatkan air dalam panci dan masukkan semua bahan untuk membuat kuah bakso, lalu didihkan. Masak kuah bakso dengan api kecil sampai kaldunya terasa dan cicipi rasanya. Nikmati kuah bakso dengan pentol bakso dan pelengkap lainnya.

  • Langkah 9 : Penyajian :

    Siapkan mangkok lalu tambahkan tahu bakso, mie soon, irisan daun seledri dan juga taburan bawang merah. Sajikan Bakso dengan kecap, saus tomat dan sambal. thehasanvideo.com lebih suka menikmati Bakso dengan kuah bening tanpa tambahan, karena lebih berasa kuah sapinya.

Tips dan Trik :

  • Giling sekaligus bawang merah dan bawang putih goreng dengan dagingnya, supaya tekstur pentol lembut. Akan tetapi jika suka tekstur pentol yang kasar, aduk rata bawang goreng dalam daging yang sudah digiling bersamaan dengan bumbu lainnya.

  • Pisahkan dengan kuahnya dan kukus pentol sebelum disajikan, supaya rasa pentol tidak hilang. Simpan pentol dalam freezer, supaya bisa tahan lama.

  • Lewatkan bahan agar-agar kalau sudah menggunakan putih telur. Bagi yang alergi telur, hanya memakai agar-agar bubuk sudah cukup kenyal. Akan tetapi kalau ingin kenyal sempurna dengan memakai keduanya juga bisa atau hanya telurnya saja. Walaupun memakai telur saja, pentolnya tidak amis karena penambahan bawang gorengnya berlebih yang membuat bakso menjadi sedap dan wangi.

Didowardah

Content Creator

Konten kreator di channel Youtube TheHasanVideo

Read More

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.