2 Telur Jadi Seeenak Ini |Telur Dadar Crispy Padang |Talua Barendo

  • Yield: 1 Telur Dadar
Watch Video
Loading...
(5 / 5)

Telur dadar cantik yang berenda khas Padang atau biasa disebut Talua Barendo, teksturnya sangat renyah dan tidak terlalu banyak menyerap minyak. Cara membuatnya sangat mudah dengan memperhatikan tips dan trik resep Telur Barenda dari thehasanvideo.com. Sajikan hangat-hangat dengan Tumis Kangkung Ala Resto resepnya klik di sini. Pasti akan ketagihan karena kelezatannya. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Kocok sampai rata dan berbusa telur utuh, lada bubuk, kaldu ayam, garam. Tambahkan irisan tipis bawang merah, rajangan daun bawang, cincangan halus bawang putih aduk sampai tercampur rata. Sisihkan.

  • Langkah 2 :

    Tuangkan minyak goreng ke dalam panci atau wajan cekung. Panaskan dengan api besar sampai minyak panas sempurna, waktunya sekitar 4 menit sesuai dengan panas kompor masing-masing.

  • Langkah 3 :

    Tuangkan adonan telur setelah minyak panas, tuang dengan posisi sedikit tinggi supaya telur dadar bisa lebih keriting, renyah dan berenda. Kecilkan api, lalu masak dengan menggunakan api sedang sampai sisi bawah telur menjadi kuning kecokelatan dan matang merata. Waktunya sekitar 3 sampai dengan 5 menit saja atau sesuai dengan panas kompor masing-masing.

  • Langkah 4 :

    Segera balik setelah telur matang merata dan lanjut masak sampai matang dengan waktu yang sama sekitar 3 sampai dengan 5 menit sesuai dengan panas kompor masing-masing.

  • Langkah 5 :

    Telur dadar Barenda sudah matang setelah memasak selama 10 menit, karena thehasanvideo.com memasak dengan menggunakan kompor bertekanan tinggi sehingga lumayan cepat. Apabila menggunakan kompor biasa waktunya sekitar 12 sampai dengan 15 menit.

  • Langkah 6 :

    Segera angkat dan tiriskan. Hasilnya Telur Dadar Barenda tebal sekali dan terlihat renyah. Sajikan Telur Dadar Barenda hangat-hangat.

Tips dan Trik :

  • Kalian bisa membuat bumbu adonan telur menjadi lebih pedas dengan cara menambahkan rajangan 3 cabe rawit dan 1 cabe merah keriting. Tambahkan juga potongan dadu ¼ buah tomat. Masak dengan cara yang sama seperti di atas, namun thehasanvideo.com menggunakan wajan biasa. Caranya panaskan sekitar 300 sampai dengan 350 ml minyak goreng, lalu panaskan sampai minyak hampir berasap. Kemudian segera tuang dengan cara angkat tinggi-tinggi dan masak sampai telur matang di kedua sisi. Durasi waktunya lebih lama sekitar 12 menit karena banyak campuran bahan tambahan dan telur menjadi banyak busa karena waktu pengocokan terlalu berlebihan. Segera angkat setelah Telur Dadar Barenda pedas matang.

  • Penggunaan jenis telur tidak harus telur ayam, Kalian bisa menggunakan telur bebek. Telur Dadar Barenda yang menggunakan telur ayam hasilnya lebih renyah dengan serat sedikit kasar, sedangkan Telur Dadar Barenda yang menggunakan telur bebek dengan takaran yang sama hasilnya renyah maksimal dan serat lebih halus.

  • Takaran penggunaan minyak harus banyak, karena apabila menggunakan minyak yang sedikit dengan takaran 170 ml setiap 1 resep hasil Telur Dadar Barenda menjadi gimbal dan terlihat berminyak. Telur menjadi sulit renyah dan menyerap minyak lebih banyak. Dadar telur dengan menggunakan minyak yang banyak supaya hasilnya lebih renyah, tidak mudah kempes dan tidak terlalu banyak menyerap minyak.

Tulis komentar

Your email address will not be published.

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.