6 Kuliner Kalimantan Timur, Nyesel Nggak Nyoba

Berkunjung Ke Kalimantan jangan melewatkan berbagai makanan dan minuman khas dari daerah Borneo. Kulinernya unik dan rasanya pun enak. Berikut thehasanvideo.com rangkum beberapa makanan dan minuman khas dari Kalimantan Timur :

1. Gance Ruan

Gambar : kurio

Daerah Kalimantan Timur terdapat banyak ikan gabus sehingga Gance Ruan menjadi sajian makanan yang terkenal dengan bahan dasar ikan gabus. Tampilan Gance Ruan sangat menggoda, aroma ikan bakar yang harum dan rasanya yang lezat karena siraman saus sambal di atas ikan gabus bakar. Nikmati dengan nasi hangat akan lebih terasa kelezatannya.

2. Amplang

Gambar : Youtube The Hasan Video

Camilan enak Amplang dari Kota Samarinda menjadi salah satu makanan khas Kalimantan Timur. Bahan dasarnya dari ikan tenggiri, kemudian campur dengan tepung kanji atau sagu dan bahan-bahan lainnya. Cara membuat lengkap tips dan triknya klik di sini. Resepnya anti gagal dan hasilnya renyah sempurna, sangat cocok untuk buah tangan yang di rumah.

3. Pisang Gapit

Gambar : sweetrip

Olahan pisang yang terkenal dari Balikpapan Kalimantan Timur yaitu Pisang Gapit. Biasanya terbuat dari pisang kepok, lalu geprek dan bakar. Siram dengan saus yang legit, rasanya enak dan manis. Camilan pisang gapit tepat sekali untuk teman ngobrol bersama keluarga.

4. Nasi Bekepor

Gambar : goodnewsfromindonesia

Nasi Bekepor salah satu peninggalan makanan kerajaan Kutai zaman dahulu dan digunakan untuk menyebarkan agama Islam. Bahan utama nasi Bekepor yaitu beras, lalu campur dengan kemangi, potongan ikan, rempah-rempah dan minyak sayur. Nama Bekepor diambil dari cara memasaknya yang sambil memutar di atas bara api menggunakan kendhil berbahan perunggu. Memasaknya sambil membaca shalawat. Sajikan Nasi Bekepor dengan sambal Raja Kutai.

5. Sambal Raja Kutai

Gambar : klayapan

Sambal setiap daerah berbeda-beda dan mempunyai ciri khasnya tersendiri. Ada yang bilang makan tanpa sambal bagaikan masakan tanpa garam. Sambal Raja Kutai menjadi salah satu makanan khas dari Kalimantan Timur dan menjadi pelengkap sajian Nasi Bekepor dengan lauk pendamping telur rebus. Sambal Raja merupakan sambal trasi, lalu kucuri dengan jeruk cina. Sambalnya tidak terlalu pedas karena biji cabenya dibuang, selain itu rasanya asam dan manis. Dahulu hanya orang bangsawan yang hanya bisa menikmati sedapnya Sambal Raja, namun sekarang semua rakyat sudah bisa menikmati.

6. Es Tebu

Gambar : tagar

Tanaman tebu banyak ditemui di Kalimantan Timur, mereka mengolah tebu menjadi minuman Es Tebu yang banyak orang menyukainya. Rasanya yang menyegarkan dan sangat tepat Kalian nikmati ketika cuaca panas. Es Tebu banyak Kalian temui di pinggir jalan di Kalimantan Timur dengan harga yang murah. Namun saat ini di setiap daerah sudah banyak ditemui orang yang menjual Es Tebu.

Beberapa makanan dan minuman khas dari Kalimantan Timur mana yang Kalian suka?. Tulis di kolom komentar.

Share it!

Tulis komentar

Your email address will not be published.

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.