15 Kuliner Khas Jawa Timur yang Gurih dan Pedas

Makanan khas dari Jawa Timur terkenal dengan cita rasa selain enak juga gurih dan pedas. Apabila Kalian berkunjung ke salah satu daerah di Jawa Timur jangan lupa untuk mencicipinya. thehasanvideo.com sudah merangkum beberapa makanan dari Jawa Timur dan mungkin ada kesukaan Kalian.  

1. Rawon Daging

Gambar : Youtube The Hasan Video

Makanan Rawon Daging berasal dari Jawa Timur dan selalu ada ketika acara hajatan. Salah satu bumbu khas dari Rawon yaitu kluwek, sehingga warna kuahnya hitam3. Membuat Rawon Daging sendiri dengan resepnya The Hasan Video lebih mudah dan irit LPG karena dimasak dengan metode 10.30.7, resepnya klik di sini. Sajikan Rawon Daging panas-panas dengan nasi putih dan telur asin.

2. Rujak Cingur

Gambar : Ita Laksitarini

Makanan Rujak Cingur berasal dari Surabaya dengan isian sayuran, cingur atau moncongnya sapi, tempe goreng, tahu goreng, lalu siram dengan petis yang dicampurkan ke bumbu kacangnya. Rasanya enak dan mengenyangkan apabila ditambah dengan lontong. Kalian bisa membuat sendiri rujak cingur dengan menggunakan resep klik di sini, isiannya bisa sesuai selera.

3. Wedang Pokak

Gambar : craftlog.com

Minuman kesehatan herbal dari daerah Probolinggo yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh yaitu Wedang Pokak. Bahan dasarnya dari rempah-rempah khas Indonesia yang dapat menghangatkan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh. Wedang Pokak sangat tepat Kalian konsumsi pada musim virus corona saat ini, supaya virus tidak bisa masuk dalam tubuh kita.

4. Tahu Campur

Gambar : Anoraga Mona Tety N

Menu kesukaan orang Jawa Timur lainnya yaitu Tahu Campur. Isian perkedel singkong menjadi ciri khas dari Tahu Campur, selain itu biasanya menggunakan tahu goreng, mie kuning, daging, kecambah rebus, selada lalu siram dengan kuah daging dan sambal petis yang nikmat. Rasanya gurih, manis, pedas. Membuat sendiri dengan resep klik di sini lebih enak.

5. Sambal Pecel

Gambar : Youtube The Hasan Video

Olahan sambal dari kacang tanah yaitu Sambal Pecel yang berasal dari Madiun. Sebenarnya dari Blitar, Kediri juga ada Sambal Pecel namun yang banyak dikenal orang yaitu Sambal Pecel dari Madiun. Waktu simpan Sambal Pecel cukup lama bisa sampai 6 bulan, gunakan resep dari The Hasan Video klik di sini sudah lengkap tips dan triknya. Seduh Sambal Pecel dengan air panas dan sajikan dengan aneka sayuran rebus sangat nikmat. 

6. Sinom

Gambar : Ni’ma Lutvita

Minuman penghangat tubuh yang berasal dari Surabaya, yaitu Sinom. Bahannya dari kunyit, daun sinom muda, asem, gula merah, gula putih yang direbus dengan air sampai mendidih. Rasanya lebih segar apabila disajikan dengan campuran es, membuat sendiri lebih mudah dengan resep klik di sini. Manfaat dari Sinom dapat melancarkan peredaran darah, mencegah kerontokan rambut, dan dapat meredakan nyeri haid.

7. Sego Tempong

Gambar : resepkoki.id

Asal makanan Sego Tempong dari Banyuwangi, makanan ini dahulunya sebagai makanan petani sebagai bekal ketika bekerja di sawah. Namun sekarang Sego Tempong banyak diminati oleh semua warga Banyuwangi maupun wisatawan dari luar kota. Isi dari Sego Tempong yaitu Nasi, Sayuran rebus, tempe goreng, tahu goreng, ikan asin, dadar jagung dan juga sambal matah pedas. Ciri khas dari Sego Tempong terletak pada sambal matah dengan bahan-bahannya semua mentah, menggunakan bahan tomat yang bergelombang, terasi, gula pasir, garam dan perasan jeruk limau. Rasa sambalnya yang pedas akan membuat yang makan terasa di tempong atau ditampar, sehingga dinamakan Sego Tempong.

8. Soto Ayam Lamongan

Gambar : Ika Luph Gohan Ika

Makanan Soto yang berasal dari Lamongan sudah terkenal di mana-mana. Ciri khas dari Soto Ayam Lamongan menggunakan bahan dasar ayam kampung, bubuk koya udang sehingga kuahnya berwarna kuning dan sedikit kental. Isian Soto yang lain yaitu soun, kentang rebus, irisan kol, telur rebus lalu taburi dengan selederi, daun bawang, bawang goreng, bubuk koya. Rasanya gurih, segar, apabila Kalian ingin membuat sendiri dengan resep klik di sini lebih enak.

9. Pecel Lele

Gambar : Yulita Latip

Nama makanannya Pecel Lele tetapi tidak menggunakan bumbu pecel melainkan sambal tomat. Goreng lele sampai kering kemudian sajikan dengan lalapan dan sambal tomat, yang menjadikan enak pada rasa Pecel Lele yaitu pada sambalnya. Bahan sambalnya menggunakan cabe keriting, cabe rawit, bawang merah tomat, terasi, garam, gula, lalu beri perasan jeruk nipis atau limo. Membuat sendiri Pecel Lele dengan resep klik di sini akan dibuat ketagihan.

10. Es Gudir

Gambar : craftlog.com

Minuman Es gudir tepat sekali diminum di siang hari maupun untuk buka puasa, asalnya  dari Kediri. Tampilannya hampir sama dengan es cincau hijau, akan tetapi isiannya menggunakan agar-agar yang dibuat sendiri. Nama lain agar-agar adalah gudir. Potong-potong gudir yang sudah jadi, lalu sirang dengan sirup pandan. Sajikan dengan es serut akan lebih segar.

11. Tempe Mendol

Gambar : Youtube The Hasan Video

Olahan makanan berbahan dasar tempe kemudian dibuat Tempe Mendol yang berasal dari Malang banyak disukai warga Malang sendiri. Goreng Tempe Mendol sampai kering supaya lebih nikmat untuk Kalian jadikan sebagai lauk aneka masakan. Membuat sendiri caranya lebih mudah dengan resep klik di sini.

12. Wedang Angsle

Gambar : panduanwisata.id

Minuman hangat Wedang Angsle asalnya dari Jawa Timur dan sangat tepat dinikmati saat cuaca dingin. Isian Angsle biasanya menggunakan petulo (putu mayang berbentuk mie), kacang hijau, ketan putih, mutiara, potongan roti tawar. Kemudian disiram dengan kuah yang terbuat dari daun pandan, vanili dan santan. Rasanya legit, gurih dan enak.

13. Gado-gado Surabaya

Gambar : Yudha’s Kitchen

Makanan aneka sayuran dari Surabaya yaitu Gado-gado yang enak. Sayuran wortel dan tomat yang membedakan pada Gado-gado Surabaya. Selain itu, bumbu kacangnya lebih cair dan pedas. Membuat Gado-gado sendiri di rumah dengan resep klik di sini rasanya lebih enak. Sajikan dengan bahan pelengkapnya seperti emping, telur rebus dan bawang merah goreng.

14. Sate Madura

Gambar : Siti Khodijah

Makanan yang berasal dari Madura ada Sate Madura dan sudah menjadi salah satu makanan kesukaan orang Indonesia bahkan wisatawan asing. Bahan daging untuk Sate sesuai selera, bisa daging ayam, kambing maupun sapi. Potong kecil-kecil dagingnya supaya cepat matang, lalu baluri dengan bumbu khas Sate Madura. Sajikan dengan bumbu kacang yang manis dan gurih sangat menggugah selera. Membuat sendiri dengan resep klik di sini rasanya sedap.

15. Jamu Bonagung

Gambar : terakota.id

Oleh-oleh khas minuman kesehatan dari Pasuruan yaitu Jamu Kebonagung, karena dahulunya hanya di jual di pasar Kebonagung sehingga dinamakan Jamu Bonagung. Bahan yang digunakan campuran dari bunga pala, lada, kayu manis, kapulaga, cengkeh, cabe jamu, sereh, gula jawa dan air belik di Pasuruan. Konsumen Jamu Bonagung sudah sampai luar kota karena dibuat sirup sehingga lebih tahan lama.

Demikian tadi beberapa makanan yang berasal dari Jawa Timur, semoga bermanfaat. Kalian suka yang mana? apabila masih ada yang kurang tulis di kolom komentar ya.

Share it!

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.