7 Cara Jitu Menghemat Minyak Goreng

Salah satu bahan utama yang wajib ada di dapur yaitu minyak goreng, karena setiap masakan menggunakan minyak goreng untuk memasak. Penggunaan minyak goreng yang boros akan membuat pengeluaran Kalian juga akan boros, apalagi harga minyak goreng yang semakin naik. Berikut beberapa tips yang dapat menghemat penggunaan minyak goreng dalam memasak.

1. Kebutuhan Minyak Goreng

Gambar : Youtube The Hasan Video

Banyak sedikitnya masakan juga akan berpengaruh terhadap penggunaan minyak goreng. Sesuaikan kebutuhan minyak goreng dengan bahan masakan Kalian, menggunakan minyak goreng yang berlebih pada masakan yang sedikit juga akan mempengaruhi rasa dan tekstur masakan menjadi kurang sedap. 

2. Mulut Botol Minyak Goreng

Gambar : google

Tempatkan minyak goreng di dalam botol atau wadah khusus penyimpanan minyak goreng. Usahakan mulut botolnya mempunyai lubang yang tidak terlalu besar atau gunting dengan lubang yang kecil di kemasan minyak goreng bagi Kalian yang tidak menyimpan minyak goreng di dalam botol. Lebih baik simpan minyak goreng di dalam botol atau wadah tertutup supaya tidak mudah tumpah.

3. Wajan Anti Lengket Dan Datar

Gambar : Youtube The Hasan Video

Gunakan wajan yang anti lengket dan datar untuk memasak. The Hasan Video memasak menggunakan wajan anti lengket yang dapat membuat masakan menjadi lebih cepat matang dan menghemat minyak goreng. Kalian juga harus memperhatikan dalam menggunakan wajan anti lengket, supaya makanan tetap sehat dan aman untuk di makan. Sebaiknya panaskan sebentar terlebih dahulu wajan anti lengket, lalu tambahkan minyak goreng dan tunggu sampai panas kemudian masukkan bahan makanan. Penggunaan jenis wajan yang cekung lebih banyak membutuhkan minyak goreng dari pada wajan yang datar.

4. Digital Air Fryer (Digifry)

Gambar : Youtube The Hasan Video

Memasak dengan menggunakan alat Digital Air Fryer sangat menghemat minyak goreng, karena memasaknya tidak menggunakan minyak goreng, tetapi menggunakan teknologi sirkulasi udara yang berkecepatan tinggi. Hasil masakan atau gorengan tetap matang dengan sempurna meskipun tidak menggunakan minyak goreng, bahkan bisa lebih sehat. Daya listtriknya juga kecil dan tidak boros.

5. Metode Pan Frying Dan Sekali Balik

Gambar : Youtube The Hasan Video

Menggoreng dengan metode Pan Frying atau sedikit minyak sangat menghemat penggunaan minyak goreng. Bahan makanan yang menggunakan metode pan frying biasanya potongannya sedikit besar seperti daging steak dan dada ayam. Goreng bahan makanan dengan sekali balik supaya tidak terlalu banyak menyerap minyak.

6. Pengaturan Api

Gambar : Youtube The Hasan Video

Pengaturan api dalam memasak atau menggoreng bahan makanan harus tepat, atur di suhu yang tidak terlalu panas. Minyak goreng cepat menghitam apabila menggunakan api besar dan terlalu panas. Akibatnya hasil masakan tidak matang sempurna dan berminyak. Selain itu juga minyak goreng akan terbuang karena warnanya sudah menghitam.

7. Memanggang Makanan

Gambar : Youtube The Hasan Video

Kalian yang mempunyai oven atau alat panggang lainnya di rumah, gunakan untuk memasak bahan makanan supaya dapat mengurangi penggunaan minyak goreng. Tidak hanya kue yang Kalian panggang, namun juga bisa memanggang sayuran dan lauk. Rasanya tidak kalah enak dengan teknik menggoreng menggunakan minyak goreng.

Beberapa tips menghemat minyak goreng di atas semoga bermanfaat dan apabila ada yang masih kurang bisa Kalian tambahkan di kolom komentar di bawah ini.

Share it!

Tulis komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.