Categories: Blog

5 Tips Puasa Tetap Segar Sepanjang Hari

Bulan Ramadhan datang hanya sekali dalam setahun dan semua umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Biasanya berpuasa seharian akan membuat tubuh menjadi lemas dan kurang semangat untuk beraktifitas. Berikut beberapa tips supaya puasa Kalian tetap segar dan semangat.

1. Air Putih

Gambar : Air Putih

Asupan air putih harus terpenuhi 2 liter atau 8 gelas meskipun berpuasa seharian, karena tubuh mengandung 60 persen cairan dan harus di jaga setiap hari. Minum air putih 2 gelas ketika berbuka, 2 gelas setelah shalat tarawih, 2 gelas menjelang tidur dan 2 gelas ketika sahur. Air kelapa juga bisa mengganti cairan tubuh yang hilang karena mengandung isotonik.

2. Sahur Dengan Buah

Gambar : Youtube The Hasan Video

Buah mengandung banyat serat dan vitamin. Sahur dengan makan buah justru membuat tubuh menjadi segar dan tidak mudah mengantuk. Jenis buah yang bisa mengenyangkan diantaranya kurma, alpukat, apel, pisang, blewah, pepaya.

3. Menjaga Pola Tidur

Gambar : Pola Tidur

Tubuh juga perlu istirahat ketika berpuasa. Atur pola tidur Kalian ketika malam maupun siang hari. Kurang tidur dan kebanyakan tidur ketika berpuasa akan membuat tubuh menjadi lemas. Beraktifitas menjadi semangat dengan menjaga pola tidur yang sesuai.

4. Olahraga

Gambar : Olahraga

Olahraga juga penting ketika berpuasa, meskipun hanya jalan-jalan di pagi hari setelah sholat subuh. Waktu lain untuk berolahraga ketika menjelang berbuka atau setelah berbuka. Lakukan olahraga meskipun ringan dan hanya sebentar karena olahraga dapat menjaga kebugaran, kesehatan serta meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Berbuka Dengan Yang Manis

Gambar : Youtube The Hasan VIdeo

Waktu berbuka sangat ditunggu-tunggu bagi orang yang telah berpuasa, karena sudah menahan lapar dan haus seharian penuh. Berbukalah dengan yang manis-manis terlebih dahulu untuk mengembalikan energi tubuh karena kadar gula dalam darah menurun. Awali berbuka dengan makanan pembuka seperti kurma, buah-buahan dan air putih. Kemudian beri jeda waktu untuk beribadah shalat magrib. Setelah itu makan malam dengan sewajarnya dan jangan berlebihan supaya perut tidak begah dan tambah gemuk.

Tulis di kolom komentar ya kalau ada tips lainnya supaya puasa tetap segar dan semangat. Selamat berpuasa semoga sehat selalu.

Share it!

Lutvita Jaya

Share
Published by
Lutvita Jaya

Recent Posts

Wajib Dicoba, Daging Bisa Empuk Dengan Metode 10.30.7

Cara atau teknik memasak semua jenis bahan makanan sangat beragam dan sesuai selera masing-masing. Sekarang…

2 years ago

Termasuk Pecel, 7 Kuliner Warisan Budaya Nusantara Berusia Ribuan Tahun

Kuliner Nusantara terkenal kaya akan kelezatan dan kekentalan rasa pada setiap sajiannya. Penggunaan bahan-bahan segar…

2 years ago

10 Sajian Kopi Unik dari Berbagai Daerah di Indonesia

Bagi banyak masyarakat Indonesia, minum kopi merupakan salah satu ritual yang tidak boleh terlewatkan meski…

2 years ago

5 Tempat Makan Unik Di Yogyakarta, Sayang DIlewatkan

Selain tempat wisata dan kota pendidikan, kota Yogyakarta juga menjadi gudang kuliner yang cakep-cakep. Menu-menunya…

2 years ago

4 Kreasi Unik dan Cantik Angpao Lebaran

Alhamdulillah, akhirnya lebaran tahun ini pemerintah memberi kelonggaran dengan memperbolehkan mudik atau pulang kampung setelah…

2 years ago

Intip Yuk, 12 Menu Takjil Dari Berbagai Negara

Bagi umat islam di seluruh dunia, Buka Puasa di bulan Ramadan adalah salah satu momen…

2 years ago