Categories: Blog

5 Cara Menjernihkan Minyak Goreng, Ternyata Nomor 4 Berguna Juga

Harga minyak goreng yang semakin melejit sekarang ini, Kalian harus pandai-pandai menghemat minyak goreng supaya keuangan tidak membengkak. Gunakan minyak goreng seperlunya dan kurangi memasak dengan cara menggoreng. Minyak goreng yang sudah kotor atau menghitam bisa Kalian buat jernih kembali dengan cara berikut :

1. Nasi Putih

Gambar : Nasi Putih

Minyak goreng yang sudah kotor atau menghitam bisa Kalian jernihkan kembali dengan memasukkan kepalan nasi. Caranya diamkan minyak goreng sampai sedikit dingin, lalu masukkan kepalan nasi dan goreng sambil tekan-tekan kepalan nasi. Matikan api kompor setelah kotoran menempel di kepalan nasi dan minyak goreng menjadi jernih kembali.

2. Endapkan Minyak Goreng

Gambar : Youtube The Hasan Video

Bekas minyak goreng menjadi keruh setelah Kalian gunakan untuk menggoreng yang berlapis tepung kering atau tepung roti. Endapkan minyak goreng selama 15 menit, lalu saring dan ambil minyak goreng yang jernih.

3. Arang

Gambar : Arang

Arang merupakan hasil pembakaran dari proses karbonasi. Warnanya hitam, tidak berbau, tidak mempunyai rasa, tidak larut dalam air. Arang juga dapat Kalian manfaatkan untuk menjernihkan minyak goreng karena arang aktif dapat menyerap sebagian bau dan kotoran yang terdapat dalam minyak goreng bekas. Haluskan bongkahan arang, lalu masukkan ke dalam minyak yang keruh. Aduk sampai tercampur rata, saring minyak goreng setelah terlihat jernih dan bersih.

4. Kulit Pisang

Gambar : Kulit Pisang

Kulit pisang dapat menyerap kotoran yang ada pada minyak goreng bekas, khususnya kulit pisang kepok. Kulit pisang kepok mengandung selulosa dan mempunyai pori-pori yang besar sehingga dapat menyerap kotoran yang ada pada minyak goreng bekas dengan baik.

Haluskan kulit pisang lalu letakkan di atas saringan, letakkan wadah di bawah saringan. Saring minyak goreng yang kotor, kulit pisang akan memisahkan kotoran yang ada di minyak goreng. Minyak goreng yang sudah jernih bisa Kalian gunakan kembali.

5. Sereh

Gambar : Sereh

Minyak goreng bekas menggoreng ikan warnanya akan menghitam dan baunya juga tidak sedap. Akibatnya bau tidak sedap akan menempel di gorengan, apabila menggunakan minyak goreng tersebut untuk menggoreng kembali. Hilangkan bau tidak sedap pada minyak goreng dengan menggunakan sereh. Memarkan sereh lalu goreng ke dalam minyak goreng yang berbau. Keluarkan sereh apabila baunya minyak sudah berkurang.

Minyak goreng bisa Kalian gunakan 2 sampai dengan 3 kali penggorengan. Semoga bermanfaat beberapa tips untuk menjernihkan dan mengurangi bau tidak sedap pada minyak goreng.

Share it!

Lutvita Jaya

Share
Published by
Lutvita Jaya

Recent Posts

Wajib Dicoba, Daging Bisa Empuk Dengan Metode 10.30.7

Cara atau teknik memasak semua jenis bahan makanan sangat beragam dan sesuai selera masing-masing. Sekarang…

2 years ago

Termasuk Pecel, 7 Kuliner Warisan Budaya Nusantara Berusia Ribuan Tahun

Kuliner Nusantara terkenal kaya akan kelezatan dan kekentalan rasa pada setiap sajiannya. Penggunaan bahan-bahan segar…

2 years ago

10 Sajian Kopi Unik dari Berbagai Daerah di Indonesia

Bagi banyak masyarakat Indonesia, minum kopi merupakan salah satu ritual yang tidak boleh terlewatkan meski…

2 years ago

5 Tempat Makan Unik Di Yogyakarta, Sayang DIlewatkan

Selain tempat wisata dan kota pendidikan, kota Yogyakarta juga menjadi gudang kuliner yang cakep-cakep. Menu-menunya…

2 years ago

4 Kreasi Unik dan Cantik Angpao Lebaran

Alhamdulillah, akhirnya lebaran tahun ini pemerintah memberi kelonggaran dengan memperbolehkan mudik atau pulang kampung setelah…

2 years ago

Intip Yuk, 12 Menu Takjil Dari Berbagai Negara

Bagi umat islam di seluruh dunia, Buka Puasa di bulan Ramadan adalah salah satu momen…

2 years ago