Tanpa Santan Lentur Anti Sobek | 50 Dadar Gulung Pisang Coklat Untuk Jualan

  • Yield: 50 Buah
Watch Video
Loading...
(5 / 5)

Ide jualan lagi nih, Dadar Gulung Pisang Cokelat seribuan. Hasilnya cantik, lembut, lumer. thehasanvideo.com menggunakan resep dari Bunda Celin di Cookpad, resepnya anti gagal dan wajib Kalian coba untuk ide usaha maupun untuk sajian keluarga. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan :

  • Bahan Kulit :
  • Bahan Isian :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Campurkan tepung terigu protein tinggi, tepung tapioka, garam halus, minyak goreng. aduk rata sampai berpasir. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil aduk sampai rata sampai adonan lembut dan tidak bergerindil. Kalian bisa memblender adonan sampai lembut dan rata, supaya lebih praktis. Saring adonan dan diamkan sekitar 2 jam supaya gluten terbentuk sehingga adonan bisa lebih lentur dan tidak mudah sobek ketika mencetak.

  • Langkah 2 : Isian :

    Pisang raja ukuran sedang jumlahnya sekitar 17 buah, sedangkan pisang kapok ukuran kecil sebanyak 2 sisir. Tempatkan pisang di dalam kukusan, lalu kukus pisang sekitar 15 menit atau sampai pisang matang.

  • Langkah 3 :

    Kupas pisang dan goreng dengan sedikit margarin, goreng sampai kecokelatan kedua sisi pisang supaya dadar gulung bisa awet tahan lama. Angkat pisang setelah kecokelatan di kedua sisi, lalu potong pisang. Potong menjadi 3 bagian apabila berukuran sedang dan potong menjadi 2 bagian apabila pisang berukuran kecil.

  • Langkah 4 :

    Kembali ke adonan yang Kalian diamkan, adonan terasa lebih lembut dan lebih lentur setelah mendiamkan sekitar 2 jam. Ambil sedikit adonan untuk membuat adonan motif, ambil sekitar 250 ml atau sekitar 3 sendok sayur. Warnai adonan sesuai selera, thehasanvideo.com menambahkan pasta cokelat dan pewarna hitam. Aduk rata dan sisihkan. thehasanvideo.com menambahkan pasta strawberry untuk adonan dasar, Kalian bisa mengganti warna lain sesuai selera. Aduk rata.

  • Langkah 5 :

    Panaskan teflon dengan diameter sekitar 18 sampai dengan 20 cm. tambahkan 1 sdm adonan motif sambil garis sesuai selera, lalu tuang adonan dasar sekitar ¾ sendok sayur atau 40 sampai dengan 45 ml setelah adonan motif mengeras. Putar teflon sampai rata, masak dengan api sedang sampai matang dan adonan tidak lengket, waktunya sekitar 2 menit sesuai dengan panas kompor masing-masing. Angkat setelah adonan tidak lengket dan matang. Biarkan sampai sedikit hangat. Cetak adonan selanjutnya dengan cara yang sama sampai adonan habis.

  • Langkah 6 :

    Letakkan kulit dadar gulung dengan motif menghadap ke atas supaya kulitnya tidak mudah sobek ketika melipat. Tambahkan meses cokelat, potongan pisang. Kemudian lipat membentuk segitiga.

  • Langkah 7 :

    Bungkus dadar gulung dengan menggunakan plastik mika atau bungkus satu persatu supaya dadar gulung tetap lembut setelah dingin. Rapikan bungkusan dadar gulung dengan menggunakan gunting. Tambahkan sticker jika suka, tempelkan di tengah-tengah.

Tips dan Trik :

  • Lakukan proses pengisian dadar gulung Ketika kulitnya masih hangat supaya lebih cepat dan mudah. Meses cokelat menjadi lebih mudah meleleh dengan sendirinya dan menempel ketika melipatnya.

  • thehasanvideo.com membungkus dadar gulung menggunakan plastik OPP one sheet yang biasa digunakan untuk membungkus dadar gulung bentuk memanjang. Ukurannya sekitar 8.5 x 20 cm.

  • Dadar Gulung menjadi tidak mudah basi karena tidak ada penambahan santan dan telur. Kulit masih terlihat lentur, lembut dan isian cokelatnya meleleh meskipun sudah 2 hari di suhu ruang. Rasanya masih enak dan tidak basi.

  • Pengaturan api sangat menentukan tampilan kulit dadar gulung. Pengaturan api kecil selama proses pendadaran akan menghasilkan kulit dadar gulung yang mulus. Pengaturan api sedikit besar akan menghasilkan kulit dadar gulung yang berpori dan kasar. Pengaturan api sedang akan menghasilkan kulit dadar gulung tidak terlalu mulus dan tidak terlalu kasar.

  • 1 resep dapat menghasilkan 50 buah dadar gulung apabila mencetak dengan menggunakan teflon diameter 18 cm atau dengan takaran adonan sekitar 45 sampai dengan 50 ml per lembar.

Tulis komentar

Your email address will not be published.

x

Register

Lost Password

Jangan disalin. Jika ingin menyalin teks ini, hubungi kontak kami.