Ditambah 1 Bahan Jadi Super Lembut! Donat Bomboloni Susu

  • Yield: 15 sampai dengan 16 buah
Watch Video
Loading...
(5 / 5)

Donat Bomboloni Susu resep dari thehasanvideo.com hasilnya sangat empuk dan lembut sekali. cara meroundingnya menggunakan corong dan ikuti tips dan triknya supaya behasil. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan :

  • Bahan :
  • Bahan Isian :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Siapkan wadah. Masukkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, ansys supaya donat lembut dan tahan empuk lebih lama, bread improver, telur utuh aduk sampai tercampur rata. kemudian tambahkan margarin atau mentega, garam. Mikser dengan kecepatan rendah sampai margarin menyatu. Kemudian naikkan ke kecepatan tinggi seterlah tercampur rata supaya adonan bisa cepat elastis, waktunya sekitar 12 sampai dengan 15 menit sesuai dengan power mikser masing-masing. waktunya bisa 11 sampai dengan 12 menit apabila menggunakan mikser besar. mikser sampai adonan kalis elastis namun tidak perlu window pane karena untuk adonan donat sebaiknya tidak seperti roti. Siapkan wadah. Masukkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, ansys supaya donat lembut dan tahan empuk lebih lama, bread improver, telur utuh aduk sampai tercampur rata. kemudian tambahkan margarin atau mentega, garam. Mikser dengan kecepatan rendah sampai margarin menyatu. Kemudian naikkan ke kecepatan tinggi seterlah tercampur rata supaya adonan bisa cepat elastis, waktunya sekitar 12 sampai dengan 15 menit sesuai dengan power mikser masing-masing. waktunya bisa 11 sampai dengan 12 menit apabila menggunakan mikser besar. mikser sampai adonan kalis elastis namun tidak perlu window pane karena untuk adonan donat sebaiknya tidak seperti roti.

  • Langkah 2 :

    Bulatkan adonan menjadi satu setelah kalis dan padatkan, lalu olesi permukaan adonan dengan sedikit minyak goreng supaya tidak mudah kering. Kemudian bagi adonan dengan berat sesuai selera, donat ukuran sedang dengan berat dough sekitar 30 sampai dengan 33 g dan bisa Kalian bagi menjadi 15 sampai dengan 16 buah.

  • Langkah 3 :

    Rounding adonan dengan cara membulatkan, untuk pemula bisa menggunakan cara lama yaitu melipat adonan ke arah dalam sehingga membentuk bulatan padat. Kemudian kunci ujungnya dengan cara mencubit dan banting-banting supaya permukaan sambungannya bisa rata dan mulus.

  • Langkah 4 :

    Gunakan corong dengan cara memutar-mutar ketika proses rounding supaya adonan lebih bulat. Gunakan corong dengan ukuran tidak terlalu besar supaya hasilnya lebih mudah dan sempurna. Kalian juga bisa merounding dengan lebih professional, jadi putar-putar adonan dengan menggunakan jari kelingking sampai ke jempol dengan cara menempelkan ke meja kerja yang permukaan keras. Putar-putar sambil sedikit tekan sampai adonan membulat dan mulus. Thehasanvideo.com masih belum mahir, ujungnya masih kurang terkunci sehingga tutup dengan mencubit dan banting sekeras mungkin supaya sambungannya rapat. Pastikan permukaan atas dan bawah sama-sama licin dan mulus. Gunakan meja kerja dengan permukaan yang solid dan keras misalnya permukaan granit, marmer atau meja stainless steel atau talenan stainlees steel, sesuai selera. Tutup adonan dan istirahatkan sekitar 15 sampai dengan 20 menit supaya adonan lebih lentur.

  • Langkah 5 :

    Mencetak dan pembuangan gas. Siapkan secukupnya tepung terigu, lalu masukkan satu bulatan adonan dan baluri sampai rata. buang gasnya dengan cara menepuk pelan atau bisa juga menekan pelan dengan scrapper. Pastikan bentuk donat sambil membuang gas supaya saat menggoreng tidak mudah menggembung dan miring. Tempatkan di alas donat dan lakukan sisanya sampai habis, buat lubang dengan cara menekan menggunakan ring cutter mini atau tutup pena atau selongsong benang apabila ingin membuat donat berlubang.

  • Langkah 6 :

    Tutup adonan dengan menggunakan lembaran plastik, diamkan selama sekitar 1 sampai dengan 2 jam atau sampai adonan mengembang 2 kali lipat. Segera buka tutupnya setelah 90 menit mendiamkan dan sudah mengembang, lalu angin-anginkan donat tanpa menutup selam sekitar 15 sampai dengan 20 menit. Pastikan jangan sampai overproofing.

  • Langkah 7 :

    Panaskan minyak goreng, thehasanvideo.com mencampur dengan minyak padat supaya hasil donat lebih kesat dan tidak mudah berminyak serta lebih stabil. Panaskan minyak goreng di suhu 160 derajat selsius, lalu kecilkan api setelah minyak panas dan pastikan donat sudah proofing dengan sempurna. Salah satu cirinya jika Kalian tekan maka akan berbekas tetapi perlahan akan kembali ke bentuk seperti semula.

  • Langkah 8 :

    Goreng donat dengan memasukkan dengan posisi terbalik, segera balik donat seperti semula setelah berenang di dalam minyak panas sekitar 11 atau 12 detik supaya donat mulus serta tidak mudah bergelembung. Goreng donat dengan api kecil sampai kuning kecokelatan di sisi bawah, waktunya sekitar 6 sampai dengan 8 menit sesuai dengan panas kompor masing-masing dan banyaknya donat yang Kalian goreng serta kestabilan suhu minyaknya. Goreng Bomboloni harus sampai kuning kecokelatan supaya hasilnya bisa kokoh, lalu balik dan goreng sampai matang di kedua sisi. Angkat donat setelah menggoreng sekitar 14 menit dan donat sudah matang, hentakkan sedikit supaya haisl White Ringnya tidak terlalu turun.

  • Langkah 9 :

    Hasil donat sangat lembut karena menggunakan ansys sehingga untuk white ringnya sedikit berkerut. Tambahkan 1 g atau sekitar ¼ sdt baking powder setiap 1 resep untuk hasil white ring yang lebih kokoh. Namun rasanya menurut thehasanvideo.com sedikit enak dan cenderung lebih kering dan tingkat kelembutannya masih lembut yang tidak menggunakan baking powder. Tambahkan 2 kuning telur setiap takaran 250 g tepung apabila menggunakan baking powder sangat penting sehingga hasil donat bisa tetap lembut dan juga kokoh.

  • Langkah 10 :

    Isi Bomboloni setelah Kalian goreng, isiannya bisa menggunakan aneka selai atau whipped cream. thehasanvideo.com menggunakan isian cokelat dan hasilnya cantik, taburi donat Bomboloni dengan secukupnya gula donat yang sudah Kalian campur dengan susu bubuk full cream dengan perbandingan 2 : 1. Apabila gula donat 100 g maka susu bubuknya cukup 50 g.

  • Langkah 11 :

    Sajikan donat bomboloni hangat-hangat dengan minuman kesukaan dan donatnya lebih tahan lembut karena menggunakan ansys, meskipun sudah seharian teksturnya cenderung padat tetapi lebih lembut karena menggunakan campuran tepung terigu protein sedang dan sedikit terigu protein tinggi. Isian cokelat cenderung kering apabila terlalu lama menyimpan. oplos isian cokelat dengan secukupnya minyak goreng kemasan atau mentega cair sebelum Kalian gunakan sampai teksturnya terlihat lebih basah. Tampilan donat bomboloni lebih menggoda ketika Kalian dengan isian cokelat yang meleleh, menurut thehasanvideo.com lebih enak karena rasa cokelatnya lebih ringan dan tidak terlalu manis.

Tips dan Trik :

  • Manfaat Ansys bisa juga membuat donat menjadi lebih empuk dan menambah masa umur simpan donat sehingga donat bisa awer empuk lebih lama dan tidak mudah berjamur bahkan sampai 5 hari di suhu ruang.

  • Cetak adonan dengan dough lebih kecil supaya hasilnya lebih banyak, misalkan berat dough sekitar 17 g. Hasilnya kecil dan adonannya menggunakan baking powder, rasanya masih enak karena menggunakan 2 butir kuning telur di setiap 250 g tepung.

  • Pastikan bulatkan adonan dengan padat dan kunci dengan rapat ketika merounding adonan supaya ketika proses menggoreng adonan tidak mudah bocor dan pecah. Donat cenderung lebih berminyak dan kurang enak apabila donatnya retak.

  • Kalian juga bisa memipihkan adonan dengan menggunakan cetakan donat ketika proses degassing selain menepuk pelan atau menggunakan scrapper. Hasil donat menjadi lebih rapi apabila memipihkan adonan dengan cetakan donat dan ketika proses menggoreng cenderung lebih stabil atau tidak miring-miring. Namun hasil donat menjadi miring-miring apabila memipihkan adonan dengan menepuk pelan ketika proses degassing.

  • Segera balik donat ketika donat baru masuk minyak penggorengan karena membiarkan menggoreng donat sampai matang tanpa membalik di awal dan donat masih mengandung gas atau angin karena proses degassing kurang maksimal maka hasil donat menjadi mudah menggelembung.

  • Hasil donat setelah matang cenderung kurang gembul apabila menggunakan tepung protein sedang karena kandungan glutennya lebih sedikit namun untuk teksturnya lebih kokoh sehingga cocok untuk donat bomboloni, seratnya cenderung lebih pendek. Hasil donat setelah matang cenderung lebih gembul apabila menggunakan tepung terigu protein tinggi dengan resepnya sama, berat adonan yang sama, cara yang sama dan berat dough yang sama 33 g. Teksturnya lebih ringan seperti roti. thehasanvideo.com menggunakan campuran tepung protein sedang dan tepung protein tinggi di dalam resep bomboloni. Hasilnya lebih menul namun juga padat dan empuk. Tekstur adonan ketika Kalian gigit akan menutup dan perlahan-lahan membuka karena teksturnya lembut namun kokoh.

  • Pastikan minyak goreng di suhu sekitar 155 sampai dengan 165 derajat selsius ketika proses menggoreng atau jangan sampai turun di bawah 150 derajat selsius karena suhu minyak turun nantinya donat menjadi terlalu menyerap minyak, white ringnya mudah turun dan mengecil namun jangan terlalu kepanasan atau lebih dari 170 derajat selsius. minyak yang terlalu panas akan membuat donat mudah bruntusan. Proses mikser yang terlalu lama akan membuat adonan menjadi panas sehingga hasil donat setelah matang akan bruntusan. Proses mengadon adonan dengan menggunakan air hangat juga bisa membuat hasil donat setelah matang akan bruntusan. Gunakan air es atau es serut dan hindari proses memkiser yang terlalu lama ketika proses mengadon adonan donat supaya hasil donat mulus dan tidak menyerap banyak minyak.

Tulis komentar

Call to action banner image
x

Register

Lost Password

Jika ingin salin / cetak resep, harus login dulu!