Cone Es Krim Ala Mixue | Ice Cream Cone Renyah! 

  • Yield: 12 sampai dengan 13 buah Cone Es Krim Ukuran Besar
Watch Video
Loading...
(5 / 5)

Ternyata membuat Cone Es Krim sendiri ala-ala MIXUE sangat mudah. Bisa tanpa menggunakan cone maker. Ikuti resep dari thehasanvideo.com sudah pasti anti gagal, sedangkan Es Krim Ala-ala MIXUE resepnya klik di sini. Wajib Kalian coba supaya tidak capek antri dan bisa puas menikmatinya.

Share it!

Bahan-bahan :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 : Cetakan Cone :

    Karton bekas yang cukup kokoh (thehasanvideo.com menggunakan kardus bekas biskuit Monde. Potong, lalu gulung menyerong sampai membentuk kerucut. Kunci bagian sambungannya dengan menggunakan selotip atau masking tape. Lapisi dengan sticker alumunium foil supaya lebih aman ketika menggunakan. Rekatkan, lalu rapikan dengan cara menggunting. Sisihkan.

  • Langkah 2 :

    Mikser gula pasir, telur utuh dan putih telur di dalam baskom dengan kecepatan tinggi sampai gula larut dan mengembang. Kocok asal sampai telur mengembang saja dan tidak sampai kaku, waktunya sekitar 3 sampai dengan 4 menit. Sesuai dengan kekuatan mikser masing-masing.

  • Langkah 3 :

    Matikan mikser setelah adonan mengembang, tambahkan margarin leleh, vanilla cair atau bubuk, tepung terigu protein tinggi, susu bubuk, garam halus dan baking powder supaya teksturnya renyah. aduk dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata dan tidak bergerindil. Adonan siap Kalian cetak.

  • Langkah 4 :

    Panaskan cetakan semprong, lalu olesi dengan margarin setelah cetakan panas. Oles tipis-tipis asal sampai rata saja. Tuangkan secukupnya adonan, lalu tutup cetakan. Masak dengan menggunakan api kecil sampai berwarna kuning sedikit keemasan. Waktunya sekitar 3 sampai dengan 4 menit sesuai dengan panas kompor masing-masing. Balik cetakan setelah 4 menit memasak, matangkan di bagian sisi lainnya dengan panas api yang sama.

  • Langkah 5 :

    Segera bentuk ketika masih panas dengan cetakan cone yang sudah Kalian buat. Bentuk dengan cepat karena apabila sudah dingin maka cone es krim akan menjadi mengeras. Cetak sisanya sampai habis. Tangan kita harus benar-benar tahan panas ketika menggulung atau bisa menggunakan kain bersih supaya tidak kepanasan. Hasilnya masih tetap cantik dan enak meskipun tidak menggunakan cone maker, teksturnya juga renyah.

Tips dan Trik :

  • Waktu dan pengapiannya harus sesuai dan tepat apabila menggunakan cetakan semprong, karena apabila apinya terlalu besar atau waktu memasaknya terlalu lama maka hasilnya mudah gosong. Namun apabila terlalu kecil dan warnanya masih belum kuning keemasan dan sudah Kalian angkat maka meskipun sudah dingin hasilnya mudah letoy atau tidak renyah.

  • Kalian juga bisa mencetak cone maker dengan hasil yang lebih rapi. Caranya, panaskan cone maker terlebih dahulu, lalu olesi dengan sedikit margarin asal sampai rata. tuangkan secukupnya adonan, lalu tutup dan masak sampai suhu medium supaya lebih sedikit. Waktunya sekitar 6 menit sesuai dengan takaran adonan yang Kalian tuang. Segera gulung setelah matang dan warnanya sudah kuning keemasan, gulung dengan menggunakan cetakan cone yang buatan sendiri tadi. Lakukan sisanya sampai adonan habis. Ketika membeli cone maker sebenarnya sudah dilengkapi dengan pembentuk cone, namun terlalu besar dan thehasanvideo.com lebih suka menggunakan cetakan kon buatan sendiri. Pilih sesuai selera masing-masing, bisa menggunakan ukuran jumbo atau sedang atau lebih kecil. Apapun bentuknya es krim cone ini layak sekali untuk Kalian coba.

  • Cek cetakan dan lap sampai bersih sebelum Kalian gunakan apabila menggunakan cetakan semprong. Oles sesekali dengan margarin tipis-tipis dan ratakan dengan tissue. Adonan akan mudah lengket dan hasilnya jelek apabila cetakannya kotor karena sisa-sisa adonan yang tertinggal sebelumnya.

Tulis komentar

Call to action banner image
x

Register

Lost Password

Jika ingin salin / cetak resep, harus login dulu!