Bakso Ayam 500 Perak Tahan 6 Bulan

  • Yield: Sekitar 170 sampai dengan 200 Pentol atau 1 kg
Watch Video
Loading...
(5 / 5)

Membuat pentol bakso kali ini tidak serumit yang Kalian bayangkan. Gunakan cetakan dari pipa paralon untuk mencetak pentol, waktunya lebih cepat dan efisien. Bahan-bahan untuk membuat pentol juga mudah dan yang paling penting rasanya tetap enak. Harga jualnya bisa 500 perak setiap 1 buah pentol karena ukurannya kecil.

Share it!

Bahan-bahan :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 :

    Siapkan food processor atau Chopper. Masukkan, fillet ayam bagian dada, sebagian es batu. Kemudian proses sampai halus. Tambahkan bawang putih, bawang putih goreng supaya gurih sempurna, bawang merah goreng, garam kasar supaya hasil pentol bisa kenyal sempurna, merica bubuk, kaldu bubuk, micin, margarin, kecap manis, tambahkan lagi secukupnya cacahan kasar es batu dan proses kembali sampai adonan halus.

  • Langkah 2 :

    Tambahkan tepung tapioka setelah adonan tercampur rata dan halus, lalu tepung beras, tepung bakso Mama Suka, pewarna putih, semua cacahan es batu yang tersisa. Proses food processor atau chopper sampai adonan tercampur rata. adonan siap Kalian cetak atau bungkus adonan ke dalam plastik rapat-rapat dan simpan di dalam freezer sebagai persediaan adonan bakso.

  • Langkah 3 :

    thehasanvideo.com menggunakan cetakan pipa paralon yang khusus untuk cetakan pentol, mencetak pentol menggunakan cetakan dari pipa paralon waktunya lebih cepat dan efisien.

  • Langkah 4 :

    Masukkan secukupnya adonan bakso ke dalam tabung paralon. Panaskan secukupnya air dan jangan lupa tambahkan minyak goreng. Segera kecilkan api setelah air panas dan cetak pentol bakso. Mencetak menggunakan pipa paralon sangat mudah namun untuk pemula memakainya sedikit rumit karena untuk menekan adonan butuh tenaga ekstra sehingga perlu bantuan orang lain untuk menekan adonan di dalam pipa. Cetak sisanya sampai adonan habis.

  • Langkah 5 :

    Masak dengan api sedang sedikit kecil setelah selesai mencetak, masak sampai pentol mengapung. Angkat pentol yang sudah mengapung dan dinginkan.

  • Langkah 6 :

    Olah pentol bakso sesuai selera setelah dingin, untuk bakso kuah, pentol mercon atau bakso bakar. Bisa juga Kalian simpan di dalam freezer sebagai persediaan makanan beku. Kemas menggunakan plastik dan bisa tahan enak sampai 6 bulan di dalam freezer.

Tips dan Trik :

  • Penggunaan garam kasar sebaiknya tidak Kalian ganti dengan garam halus. Fungsi penggunaan gara kasar supaya hasil pentol bisa kenyal sempurna.

  • Pembuatan pentol tidak menggunakan tepung terigu supaya hasilnya kenyal dan tidak lunak.

  • Kalian bisa menggiling adonan bakso di pasar apabila tidak mempunyai food processor atau chopper. Resepnya bisa Kalian kalikan sesuai selera apabila ingin membuat pentol dalam jumlah banyak.

  • Kalian bisa membuat sendiri cetakan dari pipa paralon, karena bentuknya sederhana dan sudah ada palang kayu sebagai landasannya. Thehasanvideo membeli cetakannya di marketplace dengan harga 45 ribu.

  • thehasanvideo.com membuat 1 resep lagi namun menambahkan lada hitam ulek kasar sehingga hasilnya ada bintik-bintik hitam pada pentolnya.

Tulis komentar

Call to action banner image
x

Register

Lost Password

Jika ingin salin / cetak resep, harus login dulu!