3 Telur Jadi 1 Kg Telur Gabus! Telur Gabus Irit Garing Super Kriuk

  • Yield: 950 sampai dengan 1000 g
Watch Video
Loading...
(5 / 5)

Telur Gabus Pelangi resepnya sangat ekonomid karena untuk 1 kg telur gabus hanya membutuhjan 3 butir telur. hasilnya renyah, enak dan buat ketagihan. cocok untuk camilan di rumah atau ide usaha. Selamat mencoba.

Share it!

Bahan-bahan :

  • Bahan Larutan Santan (aduk rata) :
  • Bahan Tepung Kanji :
  • Bahan Adonan :

Cara Membuat :

  • Langkah 1 : Tepung Kanji :

    Siapkan wadah. Masukkan tepung kanji tapioka , ansys supaya hasilnya bisa renyah sempurna. Aduk rata dan sisihkan.

  • Langkah 2 : Adonan :

    Siapkan baskom. Masukkan telur, kocok sampai berbusa dan mengembang atau mikser sekitar 1 menit. Kemudian masukkan garam halus, keju Cheddar parut. Mikser dengan kecepatan rendah asal sampai rata, lalu masukkan tepung kanji. Aduk rata sampai adonan berpasir, lalu tambahkan larutan santan encer. Tuang larutan santan sedikit demi sedikit sampai sedikit kalis, adonannya sengaka tidak sampai kalis karena selanjutnya Kalian tambahkan margarin. aduk rata dan uleni sampai kalis sehingga memudahkan untuk membentuk adonan.

  • Langkah 3 :

    Bagi adonan menjadi 6 bagian sama besar dan beri pewarna sesuai selera, thehasanvideo.com menggunakan pewarna kupu-kupu. Selanjutnya cetak, ambil secuil adonan sekitar ½ sampai dengan 1 g dan jangan lebih dari 1 g. Pulung memanjang, lalu masukkan ke dalam minyak dingin. memulungnya sengaja tidak terlalu besar karena nantinya ketika proses menggoreng akan mengembang dan meskipun sekilas mudah memilin telur gabus ternyata membutuhkan kesabaran karena membuat capek dan membutuhkan waktu yang lama. sebaiknya rame-rame mengerjakannya sehingga bisa lebih cepat selesainya.

  • Langkah 4 :

    Goreng Telur Gabus apabila sudah cukup banyak, goreng dengan menggunakan api sedang dan biarkan sampai mengapung. aduk pelan di menit ke 5 proses menggoreng atau ketika terlihat sudah mulai mengapung. goreng sampai telur gabus kaku dan kokoh, total durasinya sekitar 8 sampai dengan 12 menit sesuai dengan kapasitas penggorengan dan api kompor masing-masing. Goreng Telur Gabus sampai kaku dengan menggunakan api sedang bukan kecil supaya hasilnya renyah tidak bantat.

  • Langkah 5 :

    Kecilkan api kompor setelah kaku dan goreng sampai matang, total durasi menggoreng sekitar 20 sampai dengan 25 menit sesuai dengan kapasitas penggorengan dan panas kompor masing-masing. apabila telur gabus sudah kekuningan dan minyaknya sudah terlihat tenang artinya sudah matang. besarkan api kompor ketika sudah matang supaya minyak turun dan telur gabus tidak mudah berminyak, aduk cepat sekitar 1 menit lalu segera angkat,tiriskan dan biarkan sampai dingin. Cetak dan goreng sisanya sampai habis.

Tips dan Trik :

  • Usahakan minyak goreng yang di wajan dalam keadaan dingin atau paling tidak dalam keadaan hangat ketika menggoreng adonan selanjutnya, lalu diamkan sebentar sekitar 15 menit sambil kipas-kipas supaya minyak cepat hangat karena apabila menggoreng telur gabus dalam minyak goreng panas maka hasilnya tidak mulus dan mudah beruntusan.

  • Goreng telur gabus dengan cara memisah berdasarkan warna dan sengaja mencampur dengan adonan putih karena warna putih bisa menjadi indikator ketika telur gabus matang. warna putih berwarna uning sedikit kecokelatan ketika sudah matang. cara lain mengetes Telur Gabus matang dengan cara mematahkan, apabila bagian dalam masih terlihat molor dan lengket artinya telur gabus belum matang. pastikan goreng telur gabus sampai garing sehingga ketika mengaduk suaranya terdengar nyaring dan ketika membelah teksturnya renyah.

  • 1 resep meskipun hanya menggunakan 3 telur ternyata hasilnya sekitar 950 sampai dengan 1000 g sesuai dengan penggunaan takaran keju cheddar.

  • Simpan di dalam toples sesuai selera setelah Telur Gabus dingin, hasilnya cantik sekali untuk ide isian toples lebaran. Bisa Kalian kemas 500 g atau kecil-kecil dengan berat sekitar 16 sampai dengan 18 g.

  • Telur Gabus tetap renyah dengan menambahkan Ansys meskipun bentuknya gemuk-gemuk, pastikan proses menggorengnya dengan menggunakan api sedang sampai kaku dan kokoh serta matang luar dalam. hasilnya tetap renyah dan tidak melempem, tekstur Telur Gabung yang berongga dan tidak padat menandakan renyah.

Tulis komentar

Call to action banner image
x

Register

Lost Password

Jika ingin salin / cetak resep, harus login dulu!